Pertemuan I POKJA AMPL 2015

Pelaksanaan :
Tanggal 12 Mei 2015
Lokasi Hotel Valdoz Manokwari

Proses Pertemuan :

  • Pertemuan dibuka pada pukul 09.30 WIT oleh Sekretaris POKJA AMPL Bapak Mena Azhary yang juga menjabat sebagai Kasubbid Perlindungan Masyarakat, Pelayanan Kesehatan dan Sosial Budaya Bappeda Provinsi Papua Barat.
  • Peserta pertemuan : perwakilan Bappeda Provinsi Papua Barat, perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, perwakilan Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung Provinsi Papua Barat, perwakilan Sekretariat Daerah Provinsi Papua Barat, perwakilan Satuan Kerja Peningkatan Kinerja Pengelolaan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Pemukiman Kementrian Pekerjaan Umum.
  • Narasumber adalah Bapak Mena Azhary yang merupakan Sekretaris POKJA AMPL Provinsi Papua Barat dan Moderator Bapak Febriansah Subagyo selaku Fasilitator AMPL.
  • Pertemuan diakhiri pukul 13.30 WIT.

Latar Belakang Pertemuan :

  • SK Gubernur Papua Barat No. 59/2010 tentang pembentukan Tim POKJA AMPL Provinsi Papua Barat yang bertugas : (i) Melaksanakan koordinasi dan komunikasi sesama anggota POKJA AMPL di Provinsi dan kabupaten/kota. (ii) Mengkoordinasikan pelaksanaan program AMPL di Papua Barat (iii) Menyelenggarakan pertemuan berkala untuk meninjau dan evaluasi kegiatan.
  • Berdasarkan Keputusan Menteri PPN/Kepala Bappenas Nomor : KEP.51/M.PPN/HK/04/2011 agar Tim Koordinasi Strategis bertugas untuk : (i) Menyusun perencanaan program multi tahun (Multi Year Work Plan); (ii) Melakukan monitoring pelaksanaan Koordinasi Strategis Program Kerjasama Pemerintah RI – UNICEF di tingkat pusat dan daerah; dan (iii) Mengevaluasi pelaksanaan Koordinasi Strategis Kerjasama Pemerintah RI – UNICEF secara periodik.
  • Pencapaian tujuan MDGs dan RPJMD Papua Barat di bidang kesehatan ibu dan anak belum sesuai harapan : Angka Kematian Bayi 74/1.000 kelahiran hidup Angka Kematian Balita 109/1.000 kelahiran hidup (SDKI 2010) Hal ini disebabkan ketersediaan akses Air Minum dan Sanitasi yang minim dan lingkungan  yang tidak sehat Data Dinas Kesehatan PB 2013 bahwa Akses Air Minum baru mencapai 41.96dan Sanitasi 49.53
  • Pelaksanaan Program AMPL di Papua Barat meliputi: PAMSIMAS di Kabupaten Manokwari, Kab Sorong Selatan dan Kab Maybrat PPSP di Kota Sorong, Kab Sorong, Kab Fakfak, Kab Raja Ampat dan Kab Manokwari Regional SPAM di Kota Sorong dan Kabupaten Sorong Dan program lainnya yang masih perlu diidentifikasi.

Tujuan Pertemuan :

  • Membahas program-program terkait AMPL di Provinsi Papua Barat
  • Membahas pelaksanaan Rencana Kerja AMPL Provinsi Papua Barat tahun 2015.

Pokok-pokok pikiran pertemuan :

  • Kajian-kajian yang dihasilkan dari Program Kerjasama RI – UNICEF dapat dijadikan good practices bagi para pemangku kepentingan dalam pembangunan ibu dan anak.
  • Koordinasi antar pokja perlu ditingkatkan, khususnya untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat lintas pokja.
  • Kegiatan-kegiatan UNICEF  diharapkan dapat meningkatkan kesadaran aparatur Pemerintah Daerah untuk bersinergi dengan kegiatan-kegiatan di tingkat pusat seperti yang dilakukan  di Papua.
  • Dukungan pendanaan UNICEF diharapkan berfokus pada kegiatan-kegiatan strategis yang belum mendapatkan dukungan dari anggaran pemerintah (APBN/D).

Keluaran :

Kesepakatan Pelaksanaan POKJA AMPL Provinsi Papua Barat

Rencana Tindak Lanjut :

Pertemuan Lanjutan POKJA AMPL antar Kabupaten di Provinsi Papua Barat (Manokwari, Sorong dan Raja Ampat) untuk membahas Penyusunan RAD AMPL Provinsi Papua Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar